Rumus-rumus dasar pada Ms. Excel
- SUM : menjumlah data dalam cell
- SUMIF : menjumlahkan dengan kondisi tertentu
- AVERAGE : menghitung nilai rata-rata
- STDEV : menghitung standar deviasi
- MAX : menentukan nilai maksimum
- MIN : menentukan nilai minimum
- COUNT : menghitung jumlah cell
- IF : membuat fungsi kondisi
- $ : membuat kolom/baris terkunci.
1. Jika kita mempunyai data dan ingin mengolah data tersebut, misalnya nilai ujian dan ingin mencari rata-rata nilai tersebut. Kita dapat menggunakan rumus average.
2. Jika ingin menentukan huruf mutu dengan ketentuan sebagai berikut :
A : NA >= 80
B : 70 <= NA < 80
C : 60 <= NA < 70
D : 55 <= NA < 60
E : NA < 55
kita dapat menggunakan rumus “IF”.
3. Kemudian jika ingin menentukan status lulus, dengan ketentuan bahwa hanya yang mendapatkan nilai mutu E yang tidak lulus, dapat menggunakan rumus if juga dengan komposisi rumusan seperti di bawah ini :
4. Jika ingin menentukan standar deviasi dari berbagai data nilai, kita dapat menggunakan STDEV.
5. Jika ingin memasukkan nilai pada kolom nilai yang telah memiliki NIM terurut, dapat menggunakan Vlookup.
Hasilnya :
6. Selain itu, aplikasi rumus Ms. Excel yang dapat menghitung pajak setiap tahun, contoh :
Tahun 2007 pak ADI dikenakan pajak kendaraan bermotor sebesar 500.000 rupiah dan pajak bumi bangunan (PBB) sebesar 200.000 rupiah. Jika setiap tahun masing-masing pajaknya bertambah sekitar 7% untuk kendaraan bermotor dan 2,5% untuk PBB. Maka hitunglah jumlah uang yang harus dibayar oleh pak ADI setiap tahunnya hingga tahun 2015!
Kita dapat menggunakan rumus seperti berikut :
7. Jika kita ingin mengetahui hasil perkalian secara beruntun dalam bentuk matriks, misalnya perkalian 1 sampai 9.
Iklan