Rumus Dasar Ms. Excel

Rumus-rumus dasar pada Ms. Excel

  • SUM          : menjumlah data dalam cell
  • SUMIF       : menjumlahkan dengan kondisi tertentu
  • AVERAGE : menghitung nilai rata-rata
  • STDEV      : menghitung standar deviasi
  • MAX          : menentukan nilai maksimum
  • MIN           : menentukan nilai minimum
  • COUNT     : menghitung jumlah cell
  • IF              : membuat fungsi kondisi
  • $               : membuat kolom/baris terkunci.

1. Jika kita mempunyai data dan ingin mengolah data tersebut, misalnya nilai ujian dan ingin mencari rata-rata nilai tersebut. Kita dapat menggunakan rumus average.

average

2. Jika ingin menentukan huruf mutu dengan ketentuan sebagai berikut :

A         : NA >= 80

B         : 70 <= NA < 80

C         : 60 <= NA < 70

D         : 55 <= NA < 60

E         : NA < 55

kita dapat menggunakan rumus “IF”.

huruf mutu if

3. Kemudian jika ingin menentukan status lulus, dengan ketentuan bahwa hanya yang mendapatkan nilai mutu E yang tidak lulus, dapat menggunakan rumus if juga dengan komposisi rumusan seperti di bawah ini :

lulus true

4. Jika ingin menentukan standar deviasi dari berbagai data nilai, kita dapat menggunakan STDEV.

stdev

5. Jika ingin memasukkan nilai pada kolom nilai yang telah memiliki NIM terurut, dapat menggunakan Vlookup.

vlookup true
vlookup

Hasilnya :

vlookup hasil

6. Selain itu, aplikasi rumus Ms. Excel yang dapat menghitung pajak setiap tahun, contoh :

Tahun 2007 pak ADI dikenakan pajak kendaraan bermotor sebesar 500.000 rupiah dan pajak bumi bangunan (PBB) sebesar 200.000 rupiah. Jika setiap tahun masing-masing pajaknya bertambah sekitar 7% untuk kendaraan bermotor dan 2,5% untuk PBB. Maka hitunglah jumlah uang yang harus dibayar oleh pak ADI setiap tahunnya hingga tahun 2015!

Kita dapat menggunakan rumus seperti berikut :

pajak true

7. Jika kita ingin mengetahui hasil perkalian secara beruntun dalam bentuk matriks, misalnya perkalian 1 sampai 9.

perkalian dolar1

Iklan