Membuat Daftar Isi di Office Word

Membuat Daftar Isi Secara Manual

Cara manual yang satu ini bisa kamu gunakan apabila laporan yang kamu buat termasuk sederhana dan tidak memiliki subbagian.

Cara ini juga bisa digunakan untuk semua versi Word, sehingga sangat praktis untuk digunakan.

Langkah 1 – Mengatur Right Tab

Cara Membuat Daftar Isi 1 6a857
  • Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah membuka dokumen adalah dengan menekan ikon Tab yang terletak di pojok kiri atas (di bawah ikon Paste).
  • Klik sampai berpindah menjadi Right Tab.

Langkah 2 – Mengatur Posisi Right Tab

Cara Membuat Daftar Isi 2 E1859
  • Selanjutnya, tentukan posisi Tab melalui ruler yang ada di atas dokumen. Nantinya, kamu bisa menaruh nomor halaman secara rapi di sini.
  • Untuk memunculkan ruler, kamu bisa membuka tab View > Show > Ruler.

Langkah 3 – Memunculkan Titik-Titik Secara Rapi

Cara Membuat Daftar Isi 3 B1a0a
  • Jika sudah, klik dua kali pada Tab tersebut hingga muncuk menu pop-up seperti di atas. Pilih opsi kedua untuk memunculkan titik-titik.

Langkah 4 – Membuat Daftar Isi

Cara Membuat Daftar Isi 4 900a3
  • Selanjutnya, kamu tinggal memasukkan isi daftar isi. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboardmu untuk memunculkan titik-titik.
  • Masukkan angka halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut, selesai!

Word sebenarnya juga menyediakan fitur membuat daftar isi secara manual yang lebih mudah. Kamu bisa melihat caranya pada poin di bawah ini.

Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Jika isi laporan kita berisikan subbagian yang cukup banyak, bagaimana agar daftar isi kita bisa tetap rapi? Kamu bisa membuat daftar isi secara otomatis, geng!

Caranya juga enggak kalah gampang kok, kamu cukup memperhatikan langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Langkah 1 – Mengatur Heading

Cara Membuat Daftar Isi 5 B3cbf
  • Sebelum membuat daftar isi, kamu harus menggunakan Heading agar bagian dan subbagian laporanmu terbaca oleh Word.
  • Caranya adalah dengan menggunakan fitur Styles yang terletak di tab Home.
  • Pilih Heading 1 untuk bagian utama, Heading 2 untuk subbagian, dan seterusnya (Heading 3, Heading 4) jika masih ada subbagian yang lebih kecil.

Langkah 2 – Meletakkan Daftar Isi

Cara Membuat Daftar Isi 6 3997f
  • Masuk ke tab References, pilih Table of Contents.
Cara Membuat Daftar Isi 7 Bec7f
  • Pilih daftar isi yang ingin kamu gunakan. Untuk daftar isi otomatis, gunakan opsi pertama atau kedua. Kalau kamu ingin membuat daftar isi secara manual, pilih yang Manual Table.

Langkah 3 – Daftar Isi Jadi

Cara Membuat Daftar Isi 8 581d1
  • Daftar isi akan langsung jadi seperti gambar di atas, geng! Kamu bisa melakukan sedikit modifikasi seperti mengganti kata Content menjadi Daftar isi.

Langkah 4 – Melakukan Update Terhadap Tabel

Cara Membuat Daftar Isi 9 376c2
  • Jika kamu melakukan beberapa perubahan pada dokumenmu sehingga ada perubahan pada daftar isinya, kamu cukup mengklik tabel dan menekan tombol Update Table yang ada di pojok kiri atas.
  • Akan muncul dua opsi pilihan, antara melakukan update hanya nomor halaman atau keseluruhan tabel.

NB: Untuk Office Versi Lama

  • Jika kamu menggunakan Word 2003, pilih Insert > Reference > Index and Tables. Klik Table of Contents.
  • Jika kamu menggunakan Word 2007, 2010, atau 2013, caranya sama seperti langkah-langkah di atas.