Perbedaan Hosting dan Domain

Perbedaan Hosting dan Domain

Apa yang Dimaksud Hosting?

Hosting istilah yang digunakan untuk tempat penyimpanan data komputer. Biasanya berupa file dalam bentuk video, teks dan lain sebagainya. Data tersebut dapat diakses serta gunakan dengan mudah lewat jaringan internet, server hosting, yang biasanya berwujud mesin komputer.

Komputer yang digunakan lebih dikenal dengan komputer server. Komputer yang satu ini memiliki sumber daya yang mendukung. Tidak lupa dilengkapi dengan sistem operasi khusus dan aplikasi yang menunjang kinerja server. Selain itu juga bisa berjalan tanpa henti secara terus menerus.

Komputer server digunakan untuk file hosting biasanya disimpan di data center serta dilengkapi dengan suplai listrik. Komputer tersebut terhubung dengan jaringan internet yang membuat komputer dapat mengcover koneksi atau permintaan layanan komputer client dengan jumlah yang banyak.

Jika hosting tersebut dipakai untuk menyimpan file-file dan aset di sebuah halaman web, maka hosting tersebut dikenal dengan web hosting. Untuk memiliki web hosting, harus menyewanya dengan harga tertentu. Besar kecilnya sebuah harga web hosting tergantung dengan spesifikasi hardware dan juga layanan aplikasi server yang dipilih.

Apa yang dimaksud dengan Domain?

Domain istilah dari nama alamat untuk mengakses halaman situs sebagai pengganti alamat IP address komputer dalam jaringan. Nama tersebut akan mengarah ke alamat IP server hosting. Ketentuan sebuah nama domain biasanya telah diatur oleh badan regulasi domain dunia, mana domain biasanya akan berakhiran, .com, .net, .co.id, .org dan lainnya.

Untuk yang ingin memiliki nama domain pribadi, maka harus membelinya ke jasa penyedia layanan hosting dan domain yang kini sudah banyak sekali bertebarang di internet. Untuk nama domain dan harganya, akan sangat ditentukan dengan jenis domain yang dipilih.