Penyimpanan SSD dan Hardisk

Perangkat penyimpanan PC pada umumnya adalah Hardisk, namun seiring perkembangan zaman muncullah inovasi lain bernama Solid State Drive (SSD). Perangkat penyimpanan (storage) ini memiliki kecepatan Read/Write yang jauh diatas Hardisk (HDD).


Hardisk namanya yaitu ‘disk’, masih menggunakan sistem plate piringan sebagai tempat menyimpan datanya. Menyimpan data dalam bentuk gelombang magnetik pada plate disk. Plate disk ini sangat rentan terhadap debu,jangan membuka bagian plate HDD secara sembarangan ya
Menggunakan teknologi yang lebih baru dibanding Hardisk, SSD ini lebih kecil dan ringan dibanding Hardisk (HDD). SSD ini tidak menggunakan plate disk lagi. SSD menggunakan memory chip sebagai perangkat penyimpanannya.

Dengan perbedaan yang mencolok pada komponen penyimpanannya membuat prinsip kerja SSD dan Hardisk ini sangat berbeda.

Hardisk mengandalkan benda seperti jarum (Head) untuk membaca sinyal magnetik yang disimpan pada penampang plate disk. Hal ini membuat Hardisk bekerja lebih lambat dibanding SSD.

Berbeda dengan SSD yang sudah menggunakan memory chip controller, SSD ini mampu melakukan pembacaan data secara random dimanapun posisi data tersebut berada. Begitulah perbedaan prinsip kerja SDD dan Hardisk (HDD).

Perbedaan prinsip kerja tersebut membuat kecepatan Read/Write dari SSD dan Hardisk sangat berbeda. SSD dalam hal ini mengungguli Hardisk cukup jauh.

Jika kamu menginginkan sistem PC komputer cepat dan responsif gunakanlah SSD. Tapi apabilah kamu lebih memerlukan kapasitas besar dibanding speed, Hardisk solusinya.