Perawatan Personal Komputer

1. Menutup Program yang Tidak Dipakai
Mengoperasikan komputer hendaknya kita menutup program atau aplikasi yang sekiranya tidak digunakan hal ini bertujuan pada saat program yang tidak diperlukan dijalankan akan membutuhkan memory (RAM) ini menyebabkan semakin banyak program yang dijalankan maka semakin banyak pula memory yang terpakai.

2. Uninstall Aplikasi atau Program tidak Terpakai

3. Gunakan Stablilizer atau UPS
Pemakaian UPS bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan komputer terutama pada bagian harddisk yang disebabkan karela listrik padam secara tiba-tiba.

4. Instal Antivirus dan Selalu Update
Sudah seharusnya suatu komputer atau perangkat apa saja termasuk smartphone juga kita pasang program antivirus, antivirus akan menghapus dan mencegah komputer sobat dari virus yang mengancap komputer. Agar kita dapat terhindar dari berbagai macam virus baru maka kita wajib untuk selalu mengupdate antivirus secara berkala.

5. Pakailah Kabel Ground
Biasanya casing atau bagian luar dari CPU jika disentuh terdapat aliran listrik yang sangat berbahaya jika ada yang memegang bisa kesetrum.

6. Bersihkan Komputer
Sangat bijak jika anda selalu membersihkan komputer terutama CPU misalnya dalam 3 Bulan sekali atau paling tidak 6 Bulan sekali membersihkanya.

7. Mematikan Komputer dengan Benar
Sebaiknya mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar yaitu dengan menekan tombol windows lalu pilih menu shutdown.

8. Membesihkan File Sampah
Sebagian orang belum mengetahui cara menghapus file atau folder dengan benar, Sesungguhnya file atau folder yang telah dihapus tidak langsung terhapus dari data, akan tetapi file tertampung pada Recycle Bin.

9. Mengaktifkan Sistem Restore Komputer